Minggu, 25 September 2011

Makalah Ilmu Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari


MAKALAH
KIMIA DASAR I


 

ILMU KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI- HARI

Disusun Oleh :

M.Khuwazaki (ACC 109 042)



JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
          PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
2011
i
KATA  PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat-Nyalah kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya.
Semoga dengan adanya makalah ini dapat memudahkan kita dalam memahami bagaimana “Ilmu Kimia Dalam Kehidupan Sehari- Hari”.
Dalam penulisan makalah ini kami pun menyadari banyak kekurangan dan kesalahan oleh karena itu, kami mohon maaf apabila dalam penulisan makalah ini masih belum sempurna dan kami  sangat mengharapkan kritik dan saran dari dosen serta teman-teman yang sifatnya membangun guna lebih sempurnanya makalah ini.
Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Palangka Raya,   Agustus 2010


Penulis,

ii

DAFTAR ISI


                                                                                                                          Halaman
HALAMAN JUDUL.................................................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................................. ii      
DAFTAR ISI............................................................................................................... iii      
BAB I.      PENDAHULUAN..................................................................................... 1
A.          Latar Belakang................................................................................. 1
B.          Tujuan Penulisan............................................................................. 1
C.          Rumusan Masalah  .......................................................................... 1
D.         Batasan Masalah.............................................................................. 1

BAB II.     PEMBAHASAN........................................................................................ 2
A.          Pengertian Ilmu Kimia................................................................... 2
B.          Manfaat Ilmu Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari.................... 3
BAB III.  PENUTUP................................................................................................... 6
A.       Kesimpulan ...................................................................................... 5
B.       Saran ................................................................................................. 6

DAFTAR  PUSTAKA

iii
BAB I

PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Pembahasan ringkas tentang materi wujud, sifat dan perubahan dari materi serta energi merupakan ruang lingkup pengkajian ilmu kimia. Saat ini perkembangan ilmu kimia. Saat ini perkembangan ilmu kimia sangat pesat dan telah memberikan andil yang sangat besar dalam kehidupan sehari- hari banyak produk yang telah memberikan andil yang besar dalam kehidupan sehari- hari banyak produk yang telah kita pergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pada makalah ini kami akan mencoba mencari lebih luas mengenai pengertian serta manfaat ilmu kimia dalam kehidupan sehari- hari.

B.     Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini untuk memperluas pengetahuan serta wawasan agar kita lebih mengetahui tentang pengertian serta pemanfaatan ilmu kimia dalam kehidupan sehari- hari.

C.     Rumusan Masalah
Adapun  rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Apa pengertian ilmu Kimia ?
2.      Apa manfaat ilmu kimia dalam kehidupan sehari- hari ?

D.    Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dalam penulisan makalah ini penulis hanya membahas tentang pengertian serta pemanfaatan ilmu kimia di dalam kehidupan sehari- hari.


BAB II
PEMBAHASAN

A.     Pengertian Ilmu Kimia
Kimia berasal dari bahasa Arab كيمياء  “Seni transformasi” dan bahasa Yunani Khemeia “Alkimia” adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari- hari.
Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik.  Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antara atom.
Kimia sering disebut sebagai “ilmu pusat” karena menghubungkan berbagai ilmu lain, seperti fisika, ilmu bahan, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika dan geologi. Koneksi ini timbul melalui berbagai subdisiplin yang memanfaatkan konsep-konsep dari berbagai disiplin ilmu. Sebagai contoh, kimia fisik melibatkan penerapan prinsip-prinsip fisika terhadap materi pada tingkat atom dan molekul.
Ilmu kimia membahas semua materi tentang :
  1. Susunannya dan strukturnya
  2. Sifat
  3. Perubahannya
  4. Energi yang menyertai perubahannya
Misalkan kita membahas “air”. Maka secara sederhana yang dipelajari oleh ilmu kimia tentang air adalah mengenai :
1.      Bagaimana atom-atom hidrogen dan oksigen tersusun dalam sebuah molekul air dengan membentuk struktur molekul.
2.      Bagaimana sifat- sifat air dihubungkan dengan susunan dan struktur tadi.
3.      Perubahan apa yang terjadi pada air (erat kaitannya dengan reaksi kimia)
4.      Seberapa besar energi yang dihasilkan atau diserap pada perubahan tersebut.

B.     Manfaat Ilmu Kimia Dalam Kehidupan Sehari- Hari
Ilmu kimia yang berhubungan erat dengan semua indera manusia, yaitu penglihatan. Pendengaran, perasaan, dan penciuman. Selain itu, ilmu kimia merupakan batu loncatan ke ilmu lain. Ilmu kimia dasar  menolong seseorang untuk mempelajari bidang- bidang ilmu lainnya.
Seseorang tidak akan dapat menjelaskan konsep fisika tentang gaya magnet atau arus listrik tanpa mengerti ilmu kimia tentang atom. Pelajaran biologi tentang fotosintesis akan lebih banyak berarti bila pengetahuan tentang reaksi dasar kimia dilibatkan. Banyak contoh dari bidang kimia dapat diberikan, yang menekankan kegunaan ilmu kimia. Namun, disamping aplikasi ini, konsep-konsep ilmu kimia dapat juga digunakan dalam kehidupan sehari- hari.
Bahan kimia sering ditakuti oleh sebagian orang yang mungkin tidak mengerti kimia. Sebenarnya bahan kimia meliputi semua benda yang terdapat dalam kehidupan sehari- hari setiap benda di sekeliling kita, bahkan tubuh kita sendiri atas bahan- bahan kimia.
Buku, udara, rumah, makanan dan minuman, semuanya termasuk bahan kimia. Bahan kimia terdapat dimana-mana.
Bahan kimia yang terdapat di sekitar kita, banyak yang berasal dari alam dan banyak pula yang dihasilkan oleh makhluk hidup.
Batuan, besi, emas, kapas, gula, garam, semuanya adalah contoh bahan kimia yang telah berabad-abad sangat besar peranannya terhadap kehidupan manusia. Bahan- bahan tersebut dapat digunakan untuk membangun rumah, membuat pakaian dan merupakan bahan makanan.
Saat ini perkembangan ilmu kimia sangat pesat dan telah memberikan andil yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Ilmu kimia telah menghantarkan produk-produk baru yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dalam kehidupan sehari- hari banyak produk yang telah kita pergunakan seperti sabun, deterjen, pasta gigi, dan kosmetik. Penggunaan polimer pengganti untuk kebutuhan industri dan peralatan rumah tangga dari penggunaan bahan baku logam telah beralih menjadi bahan baku plastik polivynil clorida (PVC).  Kebutuhan makanan juga menjadi bagian yang banyak dikembangkan dari kemasan, makanan olahan sampai dengan pengawetan.
Luasnya areal ilmu kimia, sehingga keterkaitan antara satu bidang ilmu dengan bidang ilmu lainnya menjadi sangat erat. Peran ilmu kimia untuk membantu pengembangan ilmu lainnya seperti pada bidang geologi, sifat-sifat kimia dari berbagai material bumi dan teknik analisisnya dari berbagai material bumi dan teknik analisisnya telah mempermudah geologi dalam mempelajari kandungan material bumi : logam maupun minyak bumi.
Pada bidang pertanian, analisis kimia mampu memberikan informasi tentang kandungan tanah yang terkait dengan kesuburan tanah, dengan data tersebut para petani dapat menetapkan tumbuhan/ tanaman yang tepat kekurangan zat- zat yang dibutuhkan tanaman dapat dipenuhi dengan pupuk buatan, demikian pula dengan serangan hama dan penyakit dapat menggunakan pestisida dan insektisida. Dalam bidang kesehatan, ilmu kimia cukup memberikan kontribusi, dengan diketemukannya jalur perombakkan makanan seperti karbohidrat, protein dan lipid.  Hal ini mempermudah para ahli bidang kesehatan untuk mendiagnosa berbagai penyakit interaksi kimia dalam tubuh manusia dalam sistem pencernaan, pernafasan, sirkulasi, ekskresi, gerak, reproduksi, hormon dan sistem saraf, juga telah mengantarkan penemuan dalam bidang farmasi khususnya penemuan obat- obatan.
Ilmu kimia berperan besar terhadap kesejahteraan umat manusia. Hampir semua produksi industri untuk keperluan hidup sehari- hari umat manusia menggunakan bahan kimia dalam proses produksi. Hampir tidak ada barang keperluan sehari- hari yang dikonsumsi tanpa peranan bahan kimia dalam pengolahannya. Semakin banyak barang yang kita gunakan, semakin banyak bahan kimia yang terlibat dalam proses pembuatannya. Peran ilmu kimia dalam bidang lingkungan hidup sangat besar. Isu pemanasan global, pencemaran udara, air dan tanah telah memicu pengembangan green chemistry yang berorientasi pada proses dan penggunaan bahan yang ramah lingkungan. Konsep pengelolaan lingkungan telah bergeser dari perlindungan lingkungan terhadap limbah menjadi usaha rekayasa proses produksi yang tidak menghasilkan limbah.

BAB III
                 PENUTUP
A.     Kesimpulan
Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari- hari.
Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik.
Ilmu kimia sering disebut ilmu pusat karena menghubungkan berbagai ilmu lain seperti fisika, ilmu bahan, nanoteknologi,  biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika, dan geologi.
Saat ini perkembangan ilmu kimia sangat pesat dan telah memberikan andil yang sangat besar dalam kehidupan manusia ilmu kimia telah menghantarkan produk – produk baru yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.


B.     Saran- Saran
Melalui makalah ini penulis memberikan saran kepada pembaca makalah ini yaitu sebagai berikut :
1.         Bahan untuk lebih mengetahui dan memperluas pengetahuan mengenai pengertian serta manfaat ilmu kimia bagi kehidupan sehari- hari.
2.         Penulisan makalah ini masih perlu dilakukan perbaikan secara akurat agar hasilnya lebih sempurna, maka kami meminta saran dan kritik yang sifatnya membangun guna lebih sempurnanya makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA

Soepono. 1995. Zat dan Energi. Jakarta : Depdikbud.

Lukman, Cecilia. 1999. Ilmu Pengetahuan Populer. Jakarta : PT. Widyadara Grolier Internasional Inc.

Lern, E. and Arbeitsbuch. 1998. Unwelt Chemie. Ernest Klett Schulbuchverley.











 
 

4 komentar:

  1. makaah nya menarik gan

    BalasHapus
  2. Trims gan , makalah anda sungguh bermanfaat , mohon ijin untuk copy beberapa kata ,maklum gan untuk tugas , saya cantum kan nama web anda dan nama anda ...

    BalasHapus
  3. iya gan ane minta ijin copy sedikit ya gan, baru masuk SMA, belom biasa bikin pendahuluan dll, hehehe nanti dicantumin urlnya gan, makasih banyak

    BalasHapus